Wednesday, February 6, 2019

Doa Setelah Akad Nikah

Akad nikah atau bisa disebut ijab qobul merupakan ucapan dari orang tua atau wali dari mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada mempelai pria. Orang tua atau wali mempelai wanita melepaskan putrinya untuk dinikahi oleh mempelai pria dan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi. Ijab qobul merupakan kata sepakat antara kedua belah pihak. 
Setelah akad diucapkan maka orang tua atau wali mempelai wanita atau tokoh agama berdoa untuk kebaikan sang pengantin. Berikut doanya:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ . اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ .

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ آدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سُلَيْمَانَ وَبُلْقِيْسَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ يُوْسُفَ وَزُلَيْخَا وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَخَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ الْمَاءِ وَالطِّيْنِ وَالصَّالِحَاتِ وَالصَّالِحِيْنَ وَارْزُقْهُمَا ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً نَافِعَةً فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ مَعَ السَّلَامَةِ الدَّائِمَةِ وَالسَّعَادَةِ الْأَبْدِيَّةِ وَارْزُقْهُمَا التَّقْوَى وَحُسْنَ الْخَاتِمَةِ .

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تُلْقِيَ بَيْنَهُمَا الْمَحَبَّةَ وَالْوِدَادَ وَاَنْ تَرْزُقَهُمَا النَّسْلَ الصَّالِحَ مِنَ الْبَنَاتِ وَالْاَوْلَادِ ، حَتَّى تُرِيَهُمَا الْأَسْبَاطَ وَالْاَحْفَادَ ، وَاَنْ تُوَسِّعَ عَلَيْهِمَا الرِّزْقَ ، وَاَنْ تَحْفَظَهُمَا مِنْ مَكَائِدِ الْخَلْقِ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ . رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ ، رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا ، رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ . سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ . 
Doa Setelah Akad Nikah

Artinya: "Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, solawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat semuanya. Ya Allah jadikanlah akad ini akad yang barokah dan sempurna dan berilah mereka keakraban dan janganlah jadikan antara mereka perpisahan dan permusuhandan cukupkanlah diantara mereka kenikmatan dunia dan akhirat.
Ya Allah rukunkanlah  mereka seperti Engkau merukunkan Nabi Adam dan Hawwa', seperti Nabi Ibrahim dan Sara seperti Nabi Sulaiman dan Bulqis seperti Nabi Yusuf dan Zulaikha seperti Nabi Muhammad dan Khadijah seperti air dan lumpur seperti para sholihin dan sholihat dan berilah mereka rizki anak keturunan yang baik dan bermanfaat untuk agama, dunia dan akhirat serta keselamatan dan keberuntungan dan berilah ketaqwaan serta husnul khatimah.
Ya Allah Berikan cinta dan keramahan antara mereka. Berilah keduanya keturunan yang soleh sampai pada anak cucunya. Luaskanlah rizki keduanya. Jagalah keduanya dari kejahatan dengan rahmatMu. Ya Allah berilah mereka dari sisiMu keturunan yang baik, Engkau yang Maha Mendengarkan doa. Ya Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari istri-istri kami dan anak cucu kami yang menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa. Wahai Tuhan kami berikanlah kami kebaikan di dunia dan akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa neraka. Semoga sholawat tetap tercurah kepada paling baik makhluk yaitu Nabi Muhammad SAW serta keluarga dan para sahabat. Maha Suci Tuhanmu Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan. Semoga keselamatan tetap dilimpahkan kepada para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam."


EmoticonEmoticon