Tuesday, September 4, 2018

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word

Daftar isi merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam sebuah buku, skripsi, makalah atau tulisan lainnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah pembaca mengetahui apa saja isi dari buku tersebut. Peletakan daftar isi biasanya diletakkan di awal sebelum bab atau judul pertama, sebagian memang ada yang meletakkan di halaman belakang tergantung dari format penulisan. Tetapi dalam penulisan ilmiah seperti skripsi, jurnal atau makalah daftar isi selalu ada di depan sebelum bab pertama.

Untuk membuat daftar isi dalam Ms. Office Word secara otomatis sangatlah mudah. Jadi penulis skripsi atau buku tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk menuliskan daftar isi secara manual.
Hal yang harus ada dalam penulisan daftar isi secara otomatis adalah:
  1. Heading
  2. Nomor Halaman

1. HEADING
Heading merupakan Bab atau judul dalam suatu tulisan. Heading 1 merupakan judul atau bab sedang heading 2 merupakan sub-bab dan seterusnya.
  1. Buatlah setiap bab menjadi heading 1 
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
    Gambar 1
  2. Atur ukuran dan jenis fontnya 
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
    Gambar 2
  3. Kalau benar maka tampilan di navigation seperti ini 
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
    Gambar 3
    Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
    Gambar 4
Permasalahan: Dalam penulisan karya ilmiah seperti skripsi atau makalah penulisan BAB pada halaman daftar isi harus beserta nama bab. Seperti contoh BAB I PENDAHULUAN, BAB II STUDI PUSTAKA dst.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
Gambar 5

sedangkan dalam penulisan heading hanya bisa menulis untuk satu baris saja. Bagaimana solusinya?

Yups, penulisan seperti Gambar 4 memang salah karena tidak menyertakan nama BABnya tidak seperti pada Gambar 5. Bagaimana cara membuat seperti Gambar 5 sedangkan dalam penulisan skripsi atau karya ilmiah heading hanya untuk satu baris sedangkan dalam penulisan BAB harus menulis dua baris (untuk nama BAB seperti : PENDAHULUAN, STUDI PUSTAKA, dll).

Saya mensiasatinya seperti ini
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
Gambar 6
Disitu terdapat tulisan BAB I PENDAHULUAN menggunakan heading 1 dan saya beri warna putih. Seandainya ditampilkan maka akan terlihat seperti ini
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
Gambar 7

Nah, seperti itu


2. NOMOR HALAMAN
Penomoran halaman bisa diletakkan di atas atau bawah baik berada di tengah, samping kiri atau kanan tergantung dari format penulisan. Untuk membuat nomor halaman klik tab insert --> page number --> Bottom of page --> Plain number 2 (langkah ini bisa berbeda tergantung format penulisan)
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
Gambar 8

3. MEMBUAT DAFTAR ISI
Setelah langkah pertama dan kedua sudah dilakukan maka untuk membuat daftar isi secara otomatis kita harus menyediakan halaman tempat daftar isi itu mau diletakkan. Sebagai contoh disini saya meletakkan daftar isi pada halaman pertama. Setelah membuat halaman maka klik references--> Table of Content --> Automatic Table 1 atau Automatic Table 2
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
Gambar 9
Mudah bukan? Daftar isi tersebut juga bisa kita edit jenis dan ukuran fontnya beserta jarak antar baris seperti biasa. Ketika ada halaman baru atau ada perubahan halaman kita cuma tinggal update daftar isi tersebut. Klik kanan --> update field
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Office Word
Gambar 10


* Langkah-langkah di atas merupakan contoh saja. Biasanya sebelum menulis saya sudah mengatur heading terlebih dahulu sehingga tidak perlu mengedit heading di tengah jalan seperti contoh di atas.