Friday, January 5, 2024

Sighat Dalam Pernikahan

Sighat adalah prosesi ijab kabul yang dilakukan dalam transaksi jual beli, pernikahan, dan sebagainya yang menyatakan jika kedua belah pihak saling sepakat melakukan transaksi. Ijab kabul atau ijab dan kabul berasal dari kata wajib yang berarti mewajibkan dan kata qabul (asal kata bahasa Arab) yang berarti menerima. Ijab kabul digunakan dalam pernikahan yaitu ucapan dari orangtua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Orangtua mempelai wanita melepaskan putrinya untuk dinikahi oleh seorang pria, kemudian mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi.

Sighat Dalam Pernikahan


صيغ عقد النكاح

Shigat akad nikah


ايجاب الولي للزوج

Ijabnya wali ke mempelai laki-laki

يا فلان أنكحتك وزوجتك بنتي المسماة ............ بمهر.......

Wahai fulan (nama mempelai laki-laki), saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan anak saya yang bernama …….. dengan mahar/maskawin ………….


قبول الزوج

Penerimaan mempelai laki-laki

قبلت نكاحها وتزويجها لنفسي بذلك

Saya terima nikah dan kawinnya perempuan tersebut yang bernama …….. untuk diri saya dengan maskawin ……………


ايجاب وكيل الولي للزوج

Ijabnya wakil wali ke mempelai laki-laki

يا فلان أنكحتك وزوّجتك مخطوبتك المسماة ........... بنت .......... موكلي بمهر .........

Wahai fulan, saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan tunangan engkau yang bernama ……… putri dari …….. yang mewakilkan kepada saya dengan maskawin …………


ايجاب الولي لوكيل الزوج

Ijabnya wali ke wakil mempelai laki-laki

يا فلان زوجت بنتي المسماة  ............ موكلك المسماة ....... بمهر .......

Wahai fulan, saya nikahkan anak perempuan saya yang bernama ….. kepada orang yang mewakilkan kepadamu yang bernama ……… dengan maskawin ………


قبول وكيل الزوج

Penerimaan wakil mempelai laki-laki

قبلت نكاحها وتزويجها له بذلك

Saya terima nikah dan kawinnya perempuan yang bernama ….. untuk laki-laki yang mewakilkan kepada saya yang bernama ……. Dengan maskawin …..


ايجاب وكيل الولي لوكيل الزوج

Ijabnya wakil wali ke wakil mempelai laki-laki

يا فلان زوّجت وأنكحت موكلك مخطوبته ........... بنت ............ موكلي بمهر ..........

Wahai fulan, saya nikahkan dan kawinkan laki-laki yang bernama ……  yang mewakilkan kepada engkau dengan tunangannya yang bernama ……  putri dari …… yang mewakilkan kepada saya dengan maskawin …….


توكيل الولي للشيخ مثلا

Mewakilkannya wali ke umpama kiai

ياشيخ ...... وكّلتك في تزويج بنتي المسماة ............ بخاطبها .......... بمهر ...........

Wahai kiai, saya wakilkan kepada engkau untuk mengawinkan anak perempuan saya yang bernama …… dengan tunangannya yang bernama  …… dengan maskawin ……


توكبل الزوجة للمحكّم

Mewakilkannya mempelai perempuan ke wali hakim

يا شيخ ......... حكّمتك في تزويجي وعقد نكاحي بخاطبي .......... بمهر ......... ورضيت بالتحكيم

Wahai kiai, saya mengangkat engkau sebagai muhakkam (wali hakim) untuk mengawinkan dan mengakad nikahkan saya dengan tunangan saya yang bernama ………. Dengan mahar …….. dan saya ridho dengan wali hakim


ايجاب المحكم للزوج 

Ijabnya muhakkam ke mempelai laki-laki

يافلان ....... انكحتك وزوجتك مخطوبتك ........... بتحكيمها اليّ ورضاها به بمهر ......... 

Wahai fulan, saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan tunangan engkau yang bernama …… yang mengangkat hakim kepada saya dan ridho terhadap wali hakim dengan maskawin ……..


EmoticonEmoticon